Minggu, 09 Juni 2013

Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Kali ini saya akan membahas tentang tempat saya dilahirkan, tempat saya dibesarkan, tempat saya tinggal dengan orang-orang terdekat saya. Meskipun berada di sebuah desa terpencil tapi saya sangat merasa bangga dengan desa saya.  Saya tinggal di desa Karangpaningal Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis 46255.

Kecamatam Panawangan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat,  Indonesia. Kecamatan ini berbatasan disebelah utara dengan Kecamatan Sukamantri, sebelah timur dengan Kecamatan Cikijing, sebelah selatan dengan Kecamatan Rajadesa, dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Lumbung. Kecamatan panawangan terbagi atas 18 Desa, yang dibagi menjadi beberapa Dusun. Pusat Pemerintahan berada di Desa Panawangan.
Desa Kertajaya, Mekarbuana, Nagarawangi, dan Natanegara adalah desa-desa yang mengalami pemekaran pada bulan Januari 2013. Desa yang berada di Kecamatan Panawangan yaitu :
  1. Bangunjaya
  2. Cinyasag
  3. Gardujaya
  4. Girilaya
  5. Indragiri
  6. Jagabaya
  7. Karangpaningal
  8. Kertajaya
  9. Kertayasa
  10. Mekarbuana
  11. Nagarajati
  12. Nagarajaya
  13. Nagarapageuh
  14. Nagarawangi
  15. Natanegara
  16. Panawangan
  17. Sadapaingan
  18. Sagalaherang
Sebagian besar wilayah Kecamatan Panawangan merupakan berupa dataran tinggi. Keacamatan Panawangan berada di jalan lintas jalur Ciamis-Cirebon. Pelayanan antar-kirim surat, barang, dan titipan dana dapat dilakukan melalui Kantor Pos di kecamatan. Sambungan telepon-tetap telah menjangkau untuk daerah Desa Panawangan, kecuali di areal pegunungan yang masih belum diinstalasi. Untuk kepentingan telekomunikasi bergerak, di pusat kecamatan, semua operator selular GSM nasional dan beberapa operator CDMA telah dapat dimanfaatkan dengan cukup baik, juga di beberapa desa sekitarnya. Sementara desa-desa lainnya baru dijangkau operator GSM. Di beberapa Desa, Internet juga telah dapat diakses melalui sambungan telepon-tetap. Untuk di bidang kesehatan di Kecamatan terdapat klinik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), juga terdapat beberapa Praktik Dokter Swasta.

Panawangan mempunyai panorama pemandangan yang sangat indah, udara yang sejuk, serta orang-orangnya yang ramah. Panawangan juga sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu Ketupat yang biasa orang-orang menyebut sebagai makanan khas lebaran.  Untuk suhu di Kecamatan Panawangan rata-rata berkisar 25°C. Jadi untuk daerah ini lumayan dingin.



Demikian info tentang Kecamatan Panawangan semoga bermanfaat bagi khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca. Terima kasih dan maaf bila banyak kekurangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave a comment guys !!! ;)